Bali Bees Bali bees.png

Foto dok: Bali Bees 

Produk asal Bali ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Dirancang dari beeswax, minyak kelapa resin pohon dan bahan katun berlapis, pembungkus makanan ramah lingkungan ini bisa digunakan untuk membawa bekal tanpa perlu khawatir akan sampah yang dihasilkan.

Dengan misi mulia untuk menyelamatkan bumi dan lingkungan, produk ini benar-benar dijaga kualitasnya sehingga akan bertahan lama dan dapat digunakan secara berkelanjutan.

Terinspirasi dari produk serupa yang sudah terlebih dahulu di perkenalkan di Amerika Serikat, Selandia Baru dan Inggris, Bali Bees dapat digunakan untuk membungkus berbagai makanan kering dan sayuran hingga bumbu masakkan. Namun sayangnya, wrapper ini tidak dapat digunakan untuk menyimpan bahan mentah seperti daging atau ikan.

Cara membersihkannya pun sangatlah mudah. Sehabis digunakan, cucilah lembaran pembungkus ini dengan air dingin dan sabun cuci piring lalu keringkan dengan cara digantung dan dianginkan.

Selain berfokus untuk menyelamatkan lingkungan, Bali Bees usaha lokal berbasis sosial, mereka juga aktif berpartisipasi dalam mengembangkan eco-education dan menyejahterakan sejumlah perempuan Bali yang turut membuat produk ini secara handmade.

IbuBumi

IbuBumi.pngFoto dok: IbuBumi

Tidak hanya Bali Bees, produk lokal dari Pulau Dewata, IbuBumi juga menjual berbagai produk pembungkus makanan serta tas belanja yang ramah lingkungan.

Jika kamu berencana untuk mengurangi penggunaan plastik dalam rutinitas belanjamu, kamu bisa menggunakan All Purpose Shopping Bag dari IbuBumi yang terbuat dari 100% recycled cotton. Selain ringan, tas ini juga dapat dilipat dan dibawa di dalam tasmu.

Selain tas dan pembungkus makanan ramah lingkungan, IbuBumi juga menjual berbagai alat makan yang terbuat dari bambu, sabun dan sampo ramah lingkungan, handuk hingga detergen.

EcoBali

Screen Shot 2019-10-03 at 2.59.09 PM.pngFoto dok: EcoBali

Didirikan pada tahun 2016, EcoBali tidak hanya memberikan pendidikan kepada masyarakat lokal tentang pengelolaan sampah tetapi juga menjual berbagai produk ramah lingkungan. Beberapa produk yang ditawarkan adalah Net Bag Set yang terdiri dari 4 tas dalam berbagai ukuran dan IniBags, tas kecil anti air dan kotor yang dapat dilipat dan digantungkan pada tasmu. Selain dapat digunakan untuk membawa barang belanjaan, tas dari EcoBali ini juga bisa digunakan untuk membawa tempat bekalmu.

Zero Waste Bali

Screen Shot 2019-10-03 at 2.59.38 PM.pngFoto dok: Zero Waste Bali 

Selain menjual bahan makanan, produk kecantikan dan produk perawatan tubuh, Zero Waste Bali yang didirikan oleh Silvija Rumiha ini juga menawarkan berbagai produk ramah lingkungan seperti Bamboo beeswax wraps, tote wet bag dan berbagai peralatan makan yang terbuat dari bamboo. Jika kamu berencana untuk membeli tas belanja baru yang ramah lingkungan, kamu bisa membeli Tote Wet Bag dengan motif dan warna yang menarik.

Baca juga: 5 Brand Yang Memproduksi Produk Ramah Lingkungan Di Jakarta